Workshop Akselerasi dan Pemantauan MBKM

Bertempat di Gedung Rektorat Unsoed, Kamis (11/11) berlangsung Workshop Akselerasi dan Pemantauan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).  Perhelatan yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unsoed ini diikuti oleh seluruh koordinator program studi sarjana se-universitas.  “Melalui kegiatan ini, diharapkan akan menghasilkan suatu luaran berupa dokumen prosedur operasional baku pembelajaran di luar kampus yang berbasis penjaminan mutu dalam rangka peningkatan kualitas MBKM pada tahun-tahun berikutnya”, ungkap Ketua Panitia, Dr. Wisnu Widjanarko yang juga Ketua Tim Akselerasi MBKM Unsoed. 

Dalam pengarahan dan juga sambutan pembukaan, Rektor Prof. Suwarto menyampaikan apresiasinya kepada seluruh koordinator program studi yang telah memfasilitasi mahasiswanya belajar di luar kampus melalui program MBKM.  “MBKM adalah momen dan sarana bagi para mahasiswa untuk menggali potensi dalam diri agar cepat beradaptasi dalam persaingan dunia saat ini”, jelas Rektor. Ditambahkan, memberikan pengalaman belajar di luar kampus juga bagian dari capaian indikator kinerja utama institusi. Pada acara yang berlangsung sejak pagi hingga petang tersebut menghadirkan narasumber Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Akhmad Sodiq dan Ketua LP3M Suprayogi, Ph.D yang mengulas tentang kebijakan MBKM dan implementasinya di Unsoed. Selanjutnya,  paparan juga disampaikan oleh para pengelola pusat di LP3M, yakni  Ahadiyat Yugi Rahayu, Ph.D (Pusat MBKM), Gratiana Wijayanti, Ph.D (Pusat Penjaminan Mutu), Tri Nugroho Adi, M.Si (Pusat Pengembangan Pembelajaran) serta Dr.rer.nat. Erwin Ardli dari UPT Layanan Internasional. Keempatnya membahas tentang bagaimana prosedur pembelajaran dan penjamiman mutu pada bentuk-bentuk kegiatan pembelajaran di luar kampus. 

Sejumlah pertanyaan mengemuka dari para koordinator program studi, seperti diseminasi informasi tentang program, elaborasi pembelajaran, mekanisme konversi penilaian perkuliahan hingga penyelesaian tugas akhir. Tidak hanya itu, berlangsung juga  sharing session  antara pengelola sub-sub program pun digelar, sebagai upaya berbagi pengalaman penyelenggaraan kegiatan pada semester berjalan.  (Ref/*)