Karakter sebagai Ruh Pembelajar

Memampukan pembelajar di Unsoed untuk berkarakter, sejatinya menjadi bagian dari upaya pembelajaran yang menggenapkan kecakapan intelektual dan profesional. Hal ini mengemuka dalam pelaksanaan Web Training ‘Integrasi Karakter dalam Pembelajaran’ yang digelar oleh Pusat Pengembangan Karakter (Pusbangter) LP3M Unsoed, beberapa waktu kemarin. “ Kegiatan ini dalam bentuk pelatihan bagi para dosen Unsoed, agar dapat mengintegrasikan berbagai karakter yang menjadi kekhasan Unsoed, “ ujar Dr. Rosidi selau Koordinator Pusbangter. Lebih lanjut dijelaskan, adapun karakter atau nilai-nilai tersebut adalah jujur, adaptif, pantang menyerah, peduli, dan resiliensi. “ Hal ini akan membuat nanti setelah lulus, mahasiswa Unsoed memiliki daya saing yang tinggi, “ tegasnya.

Dikatakan oleh Dr. Rosidi, berbagai materi pada training diantaranya:

Materi 1 : Kurikulum di Unsoed dan Karakter dalam RPS oleh Dr Abdul Aziz Nasihuddin, S.H.,MM.,M.H. dari Pusat Pengembangan Pembelajaran LP3M Unsoed.

Materi 2 : Diseminasi Hasil FGD mengenai karakter utama Unsoed oleh Dr. Rosidi, M.P. dari Pusat Pengembangan Karakter LP3M Unsoed.

Materi 3 : Karakter dalam Perspektif Hukum oleh Dr. Riris A, S.H.,M.H dari Pusat Pengembangan Karakter LP3M Unsoed.

Materi 4 : Integrasi Karakter dalam pembelajaran di Universitas oleh Dyah Woro Dwi Lestari, S.Psi., M.A. dan Rahmawati Wulansari. S.Psi., M.Si. Psikolog dari Fak. Kedokteran Unsoed.

Materi 5 : Strategi mengintegrasikan karakter dalam pembelajaran oleh Arfi Nurul Hidayah, S.Psi., M.Psi Psikolog dari Fak. Ilmu Budaya Unsoed dan Ernasiwi Astri, S.Psi., M.Psi Psikolog dari Fak. Kedokteran Unsoed.

Materi 6 : Rancangan Integrasi Komponen/Atribut Karakter dalam mata kuliah dan Rancangan asesmen oleh Tri Nugroho Adi, M.Si. dari FISIP Unsoed, jelas Dr.Ir.Rosidi,MP.

Acara yang diikuti oleh 33 dosen dari berbagai fakultas yang ada di Unsoed ini mengulas sejumlah materi, seperti karakter utama Unsoed, kurikulum dan karakter dalam RPS, karakter dalam perspektif hukum, karakter dalam pembelajaran, serta strategi mengintegrasikan karakter dalam pembelajaran serta rancangan integrasi komponen. Sejatinya, pembentukan karakter ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya mempersiapkan lulusan Unsoed untuk siap memasuki masa depan, di mana dalam kehidupan di masyarakat, industri, dunia usaha dan kerja, aspek karakter merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan bersama aspek kualifikasi dan kompetensi yang dimiliki.