Roadshow SPMI, Kokohkan Budaya Mutu

Didasari semangat untuk terus meningkatkan mutu di lingkungan Unsoed, Rektor meluncurkan Peraturan no 34 th 2021 mengenai Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Unsoed. LP3M melalui Pusat Penjaminan Mutu kemudian mengambil langkah untuk mensosialisasikannya ke semua fakultas yang ada di Unsoed. Tim Sosialisasi SPMI, yang terdiri dari:  Ir. Suprayogi, M.Sc., Ph.D (Ketua LP3M), Ir. Juni Sumarmono, M.Sc. Ph.D. (Sekretaris LP3M), Gratiana E. Wijayanti, M.Rep.Sc., PhD (Pusjamu),  Dr. Tyas Retno Wulan, S.Sos., M.Si. (Pusjamu), Dr. Ervina Mela, M.Si (Pusjamu), Dr. Bambang Tri Harsanto, M.Si. (Tim Revitalisasi GPM dan GKM), Dr. dr. Eman Sutrisna, M.Kes. (Tim Revitalisasi GPM dan GKM), Dr. Laeli Budiarti, S.E., M.Si., Ak. (Tim Revitalisasi GPM dan GKM) langsung turun melakukan road show ke 13 fakultas dari tanggal 14 Juni hingga 1 Juli 2022.

Sosialisasi yang berlangsung kurang lebih 2 jam ini, ini ditujukan untuk Dekanat, Ketua dan anggota GPM (Gugus Penjamin Mutu) Fakultas, Ketua dan anggota GKM (Gugus Kendali Mutu) Program Studi, Ketua/Sekretaris Jurusan, Kepala Tata Usaha, dan Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan. Materi sosialisasi terbagi menjadi 2 bagian yaitu Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti), dan Peraturan Rektor Universitas Jenderal Soedirman Nomor 34 tahun  2021 tentang Sistem Penjaminan Mutu internal yang merupakan pengganti dari Peraturan Rektor No 15 tahun 2012. Peraturan Rektor No 34 tahun 2021 berisi tentang unit penjaminan mutu internal yang terdiri dari PPMU (Pusat Penjaminan Mutu Universitas) beserta GPM dan GKM sebagai unit penjaminan mutu di tingkat fakultas dan program studi dilengkapi dengan persyaratan, masa kerja, serta tugasnya masing-masing.

Antusiasme dari para peserta di semua fakultas sangat terlihat dengan hangatnya diskusi yg terjadi  baik berupa pertanyaan maupun masukan utk peningkatan mutu internal di lingkungan Unsoed. Lebih dari 75 persen peserta menyatakan berminat mengikuti pelatihan SPMI yang telah diagendakan oleh Pusjamu. Masukan yang disampaikan oleh para peserta di antaranya terkait harapan dibentuknya forum GPM dan GKM se-Unsoed sebagai wadah silaturahmi dan saling berbagi informasi dan segera diperbaharuinya standar mutu dan formulir mutu sebagai acuan untuk diterapkan di setiap fakultas.