Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya

Bertempat di Gedung Roediro Universitas Jenderal Soedirman Lantai 3 acara Lepas sambut Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 Tahun 2022 pada hari Senin, 15 Agustus 2022. Rektor Universitas Jenderal Soedirman Prof. Dr. Ir. Ahmad Sodiq, M.Sc. Agr. melepas mahasiswa outbound dan menerima mahasiswa inbound Unsoed. Pada kesempatan tersebut Rektor berpesan kepada mahasiswa yang mengikuti program ini yaitu Pertama,   optimalkan penguasaan  IPTEK karena itu bekal berkarya di masa depan dan Kedua,  optimalkan interaksi dengan lingkungan dan budaya tempat sekarang berada, karena itu bekal bermasyarakat di waktu mendatang. Hadir dalam acara tersebut antara lain Rektor Unsoed, Wakil Rektor Akademik dan Wakil Rektor Alumni dan Kemahasiswaan, Ketua LP3M, Sekretaris LP3M, Para Dekan dan Koorprodi, Para Dosen Modul Nusantara, Kepala Biro Akademik, Para Mahasiswa Inbound dan Outbound Universitas Jenderal Soedirman.

Koordinator Program PMM 2 Unsoed  dan selaku Ketua LP3M Unsoed Ir.Suprayogi M.Sc.,Ph.D mengatakan bahwa Program PMM 2 adalah program Kemendikbud ristek melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan dengan support anggaran dari lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Mahasiswa pada program ini akan mengikuti selama satu semester yaitu Semester Gasal tahun Akademik 2022 / 2023.

“Tujuan program ini adalah memberikan bekal pemahaman kepada para mahasiswa di seluruh Indonesia  sebagai calon pemimpin bangsa tentang Kebhinekaan NKRI. Dengan pemahaman yang diperoleh mahasiswa selama mengikuti Program PMM 2 ini, dan melalui kegiatan belajar langsung mahasiswa diharapkan kelak menjadi bijak mensikapi dan mampu mengembangkan sikap toleran dan saling menghargai apabila dihadapkan pada perbedaan pendapat, agama, suku, ras, budaya, adat istiadat atau mungkin ideologi politik. Pada akhirnya tumbuh rasa kesatu bangsa, satu tanah air, dalam keranga NKRI”, ungkapnya.

Ir.Suprayogi M.Sc.,Ph.D menjelaskan bahwa Program PMM 2 ini dilaksanakan secara luring dan diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia yang dikelompokkan dalam dua klaster. “Sebanyak 49 mahasiswa Unsoed mengikuti program PMM 2 di kurang lebih di 22 Universitas yang tersebar di luar Jawa, dari Aceh sampai Merauke. Dan kita menerima sebanyak 176 mahasiswa dari berbagai universitas di luar Jawa dan akan  belajar di unsoed pada 24 Program Studi S1”, urainya.

Jumlah mahasiswa inbound Universitas Jenderal Soedirman adalah 176 mahasiswa berasal dari Institut Senin Indonesia Padang Panjang, ST Ilmu Hukum Muhammadiyah Takengon, STISIPOL Raja Haji, STKIP PGRI Sumatera Barat, Universitas Al Muslim, Universitas Andalas, Universitas Asahan, Universitas  Bengkulu, Universitas Borneo, Universitas Cokroaminoto Palopo, Universitas Halu Oleo, Universitas Hasanuddin, Universitas HKBP Nommensen, Universitas Jambi, Universitas Katolik Santo Thomas, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Mahasaraswati, Universitas Malikussaleh, Universitas Mataram, Universitas Medan Area, Universitas Muhammadiyah Kaltim, Universitas Muhammadiyah Metro, Universitas Muhammadiyah Pare pare, Universitas Sumatera Utara, Univeritas Mulawarman, Universitas Musamus Merauke, Universitas Nusantara Al Washliyah, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Manado, Universitas Negeri Padang, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas PGRI Sumbar, Universitas Puangrimaggalatung, Universitas Riau, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Samudra, Universitas Sumatera Utara, Universitas Syiah Kuala, Universitas Tadulako, Universitas Tanjungpura, Universitas Teknokrat Indonesia, Universitas Teuku Umar, Universitas Udayana dan Universitas Yapis Papua.

Program Mahasiswa Merdeka 2 Universitas Jenderal Soedirman Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya.