Wisuda ke 121, Rektor : Jangan Pernah lelah Mencapai Tujuan

[unsoed.ac.id, Rab,25 Mei 2016] UNSOED Kembali melepas 788 alumninya untuk berkarya di berbagai bidang pada Sidang Senat Terbuka Wisuda Pascasarjana Ke-53, Profesi Ke-36, Sarjana Ke-121, dan Diploma Tiga Ke-100 Universitas Jenderal Soedirman, Selasa, 24 Mei 2016.  Rektor UNSOED Dr.Ir Achmad Iqbal, M.Si mewisuda Mahasiswa di Auditorium Graha Widyatama Unsoed. Para wisudawan tersebut terdiri dari 54 jenjang Magister, 15 profesi, 580 sarjana, dan 138 ahli madya dengan 184 wisudawan dinyatakan lulus dengan predikat Cumlaude.  Hingga wisuda kali ini, UNSOED telah meluluskan 81.667 wisudawan.

Rektor, Dr.Ir. Achmad Iqbal, M.Si mengajak para wisudawan menyepakati pakta integritas anti korupsi sebagai salah satu bukti karakter lulusan Unsoed.  Hal ini senada dengan Keluarga Alumni Unsoed yang juga menyepakati pakta integritas.  Rektor berpesan tiga hal yang harus dilakukan wisudawan yaitu jangan pernah lelah dalam mencapai tujuan, jangan berhenti hanya sebatas ide melainkan dapat menjadikannya sebagai karya nyata, dan jangan takut untuk memperjuangkan apa yang layak diperjuangkan.  “Ketiga hal tersebut sesungguhnya bermuara pada sebuah hrapan, bahwa alumni Unsoed harus berani menunjukkan diri bahwa sosoknya adalah yang mencerahkan dan menginspirasi,” lanjutnya.

Para lulusan Unsoed diharapkan memiliki kemauan untuk mengabdi dalam kehidupan nyata di masyarakat.  Hal ini sebagaimana disampaikan Perwakilan Pengurus Pusat Keluarga Alumni Unsoed, Ir. Final Prajnanta.  Final yang saat ini sukses menjadi Managing Director di salah satu perusahaan terkemuka ini mengungkapkan bahwa para wisudawan harus berbuat sesuatu untuk membangun bangsa dan negara yang dicintai.  “Kita juga harus bangga sebagai alumni Unsoed karena peringkat Unsoed terus meningkat dan baru saja Unsoed menjadi lima besar nasional Rasio Keketatan penerimaan mahasiswa jalur SNMPTN.  Hal ini juga sejalan dengan program Unsoed Berkarakter 2016 yang sedang digalakkan,” jelasnya.  Kabid Komunikasi Keluarga Alumni Unsoed ini juga menyampaikan bahwa alumni Unsoed harus anti korupsi, bahkan di akhir sambutannya Final mengusulkan agar alumni Unsoed yang terbukti Korupsi gelarnya dapat dipertimbangkan untuk dicabut. 

Mewakili para wisudawan Anwar Rovik, S.Si mengungkapkan rasa terimakasih dan bangga sebagai Alumni Unsoed.  Namun Rovik juga memberikan saran agar Unsoed terus berbenah utamanya meningkatkan kegiatan kemahasiswaan serta penelitian dan publikasi mahasiswa.  “Semoga kuantitas dan kualitas kegiatan kemahasiswaan terus meningkat,” jelasnya.

Prestasi yang diraih Unsoed sudah semestinya dibarengi dengan karakter.  Dalam berbagai kesempatan Rektor Unsoed menyampaikan bahwa lulusan Unsoed harus meneladani nilai-nilai kejuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman.  “Lulusan Unsoed harus berkarakter, memiliki moral yang baik, kreatif, inovatoif, dan selalu mau belajar,” ungkapnya.

Dalam kegiatan Wisuda ke-121 ini, Dian Ayu Palupi, SE dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Puji Astuti, S.Sos sama-sama menjadi lulusan S1 dengan IPK tertinggi yaitu 3,93.  Sementara itu untuk lulusan S2, IPK sempurna 4,00 diraih Kartono, M.Si Program S2 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. 

Rincian wisudawan S2 dan S1 menurut fakultas adalah Fakultas Pertanian 97 orang, Fakultas Biologi 41 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 229 orang, Fakultas Peternakan 47 orang, Fakultas Hukum 83 orang, Fakultas ISIP 61 orang, Fakultas Kedokteran 55 orang, Fakultas Teknik 59 orang, Fakultas Ilmu Kesehatan 37, Fakultas Ilmu Budaya 42 orang, Fakultas MIPA 25, Fakultas Perikanan dan Kelautan 10.  Sementara itu, dari Program Pascasarjana Ilmu Lingkungan meluluskan 1 orang.

Hingga prosesi wisuda ini, Unsoed telah mewisuda 81.667 orang yang saat ini telah berkarya di berbagai bidang kehidupan di masyarakat.

image-1.png
Selamat Datang di LP3M
Pusat-Pusat LP3M :
Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan
Pusat Pengembangan Pembelajaran
Pusat Penjaminan Mutu
Pusat Pengembangan Karakter
cek-list.ico
cek-list.ico
cek-list.ico
cek-list.ico
Misi LP3M :
Logo-UNSOED.png
Mengembangkan Sistem Pembelajaran
Mengembangkan Mutu Tenaga Kependidikan
Mengembangkan Karakter
Mengembangkan Sistem Penjaminan Mutu
Play.png
Play.png
Play.png
Play.png
Tugas dan Fungsi LP3M :
Pelaksanaan peningkatan mutu pembelajaran
Penyusunan rencana, program dan anggaran Lembaga
Pelaksanaan pengembangan sistem pembelajaran
Pelaksanaan pengembangan sistem penjaminan Mutu pendidikan
dan lain-lain.
cek-list.ico
cek-list.ico
cek-list.ico
cek-list.ico
cek-list.ico
image-2.png
IMG_4599.JPG
FGD Kebutuhan Tenaga Kependidikan

Kilas LP3M

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Jenderal Soedirman.

Selengkapnya →

Kontak Kami

Office :
Jl. Kampus No. 1
Grendeng
Purwokerto Utara
53122

0281-623824

lp3m@unsoed.ac.id, lp3m.unsoed@gmail.com

Berlangganan Berita LP3M: