Workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal UNSOED

Pusat Penjaminan Mutu LP3M telah melaksanakan Kegiatan Workshop Penguatan Penjaminan Mutu Universitas Jenderal Soedirman Tahun 2016 di RedChili Resto dengan dihadiri Rektor Unsoed, Ketua LP3M, Sekretaris LP3M, Koordinator dan Staf Ahli Penjaminan Mutu LP3M,para dekan,wakil dekan, tim gugus mutu dan penjaminan mutu dari Universitas Jenderal Soedirman dan Dari Universitas lain.  

Rektor Unsoed Dr. Ir. H. Achmad Iqbal, M.Si membuka acara dan memberi sambutan mengenai sistem penjaminan mutu internal (SPMI), bahwa dasar dari pelaksanaan sistem penjaminan mutu adalah dengan adanya Permendikbud Nomor 50 Tahun 2014 dan diturunkan dengan adanya gugus penjaminan mutu di tiap fakultas. Penjaminan mutu merupakan tugas dan tanggung jawab dari Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M).

SPMI merupakan salah satu cara menjawab berbagai permasalahan pendidikan tinggi di Indonesia. Tujuan dari penjaminan mutu adalah memelihara dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berkelanjutan dengan mewujudkan visi dan misi Perguruan Tinggi melalui Tridharma Perguruan Tinggi.

Hadir sebagai narasumber adalah Dr. Ir. J.P.Gentur Sutapa, M.Sc.Forest yang merupakan Kabag. Penjaminan Mutu, Penelitian dan Pengabdian Terhadap Masyarakat Universitas Gadjah Mada (UGM). Beliau memaparkan mengenai strategi menuju akreditasi internasional. Akuntabilitas itu tidak hanya dalam bidang keuangan saja, tetapi akuntabilitas bidang mutu internal dengan dilaksanakannya audit mutu internal (AMI). Tugas auditor adalah mencocokan kesesuaian antara standar pendidikan tinggi yang ditetapkan oleh PT dengan kenyataannya di lapangan, dan dimaksudkan pula untuk mencari peluang-peluang bagi peningkatan mutu internal masing-masing program studi. Hal ini untuk pencapaian mutu sesuai harapan seluruh pemangku kepentingan pendidikan tinggi sesuai dengan Undang-Undang No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi khususnya Pasal 52, ayat 2 “Penjaminan mutu sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan melalui penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan standar pendidikan tinggi.” Pada workshop tersebut ada hal yang sangat menarik, narasumber memaparkan materi ASEAN University Network on Higher Education for Quality Assurance (AUN-QA), AUN adalah sebuah organisasi jejaring universitas di ASEAN dengan tujuan utama memperkuat kerjasama di bidang pendidikan tinggi.

Dalam acara workshop tersebut, Dr. Ir. Gentur Sutapa menyampaikan bahwa auditor SPMI ini berbeda dengan auditor-auditor lain, auditor mutu internal adalah mencari ruang-ruang untuk meningkatkan kualitas. “Temuan-temuan audit mutu internal harus dilaksanakan bila perguruan tingginya ingin maju dan meningkat mutunya,” demikian ujar Gentur Sutapa.

         

image-1.png
Selamat Datang di LP3M
Pusat-Pusat LP3M :
Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan
Pusat Pengembangan Pembelajaran
Pusat Penjaminan Mutu
Pusat Pengembangan Karakter
cek-list.ico
cek-list.ico
cek-list.ico
cek-list.ico
Misi LP3M :
Logo-UNSOED.png
Mengembangkan Sistem Pembelajaran
Mengembangkan Mutu Tenaga Kependidikan
Mengembangkan Karakter
Mengembangkan Sistem Penjaminan Mutu
Play.png
Play.png
Play.png
Play.png
Tugas dan Fungsi LP3M :
Pelaksanaan peningkatan mutu pembelajaran
Penyusunan rencana, program dan anggaran Lembaga
Pelaksanaan pengembangan sistem pembelajaran
Pelaksanaan pengembangan sistem penjaminan Mutu pendidikan
dan lain-lain.
cek-list.ico
cek-list.ico
cek-list.ico
cek-list.ico
cek-list.ico
image-2.png
IMG_4599.JPG
FGD Kebutuhan Tenaga Kependidikan

Kilas LP3M

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Jenderal Soedirman.

Selengkapnya →

Kontak Kami

Office :
Jl. Kampus No. 1
Grendeng
Purwokerto Utara
53122

0281-623824

lp3m@unsoed.ac.id, lp3m.unsoed@gmail.com

Berlangganan Berita LP3M: