Pelatihan PEKERTI Tahun 2018

LP3M dalam periode semester break Juli – Agustus 2018 menyelenggarakan Pelatihan yang melibatkan para dosen, salah satunya adalah Pelatihan PEKERTI. Pelatihan PEKERTI (Peningkatan Keterampilan Teknik Instruksional) merupakan upaya peningkatan kompetensi dosen muda Unsoed. Pelatihan PEKERTI ditujukan bagi dosen muda, jumlah peserta yang diterima pada pelatihan kali ini adalah 32 orang dari 54 pendaftar berasal dari 9 fakultas.

Pelatihan PEKERTI dilaksanakan selama 3 minggu, dengan 5 hari tatap muka termasuk micro teaching mulai pada hari Senin sampai dengan Jumat tanggal 9 s.d. 13 Juli 2018 di LP3M Unsoed.

Adapun yang hadir saat pembukaan acara kemarin antara lain: Ketua LP3M, Sekretaris LP3M, Koordinator Pusat Pengembangan Pembelajaran, Kabag TU, Kasubbag Prodasi dan Kasubbag.Umum LP3M serta para peserta pelatihan PEKERTI tahun 2018.  Dra. Yulia Sistina, M.Sc.Stud., Ph.D. selaku Ketua LP3M Unsoed membuka acara dan memberikan sambutan pengarahan. Dalam kesempatan tersebut Yulia, Ph.D. menekankan bahwa para dosen harus mengikuti pelatihan dari awal hingga akhir secara penuh dan mengerjakan semua tugas. Tujuan dari Pelatihan PEKERTI antara lain:

  • Menjelaskan prinsip pembelajaran dan motivasi
  • Mengembangkan rencana pembelajaran semester
  • Memilih media dan metode pembelajaran
  • Merencanakan asesmen hasil belajar
  • Menerapkan kemampuan berkomunikasi dan keterampilan mengajar
  • Mempraktikkan cara mengajar profesional.

Sebagai syarat untuk memperoleh sertifikat Pelatihan PEKERTI, para dosen harus memenuhi tahap tatap muka dan tugas mandiri dengan rincian sebagai berikut:

  1. Peta kompetensi mata kuliah/blok
  2. Penyusunan RPS (Rencana Pembelajaran Semester)  1 mata kuliah/blok
  3. Konstruksi butir soal objektif dan essay.

Setelah mengikuti pelatihan PEKERTI diharapkan para dosen muda dapat mengekspresikan kompetensi pedagogik yaitu dengan merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran mata kuliah/blok yang ditugaskan oleh Institusi secara profesional.

Kilas LP3M

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Jenderal Soedirman.

Selengkapnya →

Kontak Kami

Office :
Jl. Kampus No. 1
Grendeng
Purwokerto Utara
53122

0281-623824

lp3m@unsoed.ac.id, lp3m.unsoed@gmail.com

Berlangganan Berita LP3M: