Instrumen Akreditasi Versi 4.0

Akreditasi merupakan sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi. Pada hari Senin, 27 Mei 2019 telah dilaksanakan Sosialisasi Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi IAPS 4.0 di Ruang Rapat Rektorat Lantai 1 Universitas Jenderal Soedirman. Hadir dalam acara tersebut antaralain: Rektor Unsoed, Para Wakil Rektor Unsoed, Para Pimpinan Fakultas, Wakil Direktur PascaSarjana, Ketua LP3M, Koordinator Pusat dan Anggota Pusat Penjaminan Mutu LP3M, Wakil Rektor Universitas Tidar Magelang dan Narasumber dari BAN – P.T. adalah Sugiyono, S.Si., Ph.D.  

Pada kesempatan tersebut, Rektor Universitas Jenderal Soedirman Prof. Dr. Ir. Suwarto, M.S. memberi arahan bahwasanya dengan adanya instrumen baru, maka ada beberapa perubahan pasti, dahulu prosesnya hanya input sekarang harus diperhatikan input dan output/outcome nya. Dalam laporannya Ketua LP3M Ir. Suprayogi, Ph.D. menyampaikan bahwa instrumen P.T. dan instrumen program studi ada perubahan dari 7 standar menjadi 9 standar yang harus diperhatikan, dan adanya perubahan mindset. Saat ini yang mengemban tanggung jawab adalah unit pengelola prodi bisa fakultas/ jurusan.

Sebagai Narasumber adalah Sugiyono, Ph.D. Anggota Dewan Eksekutif BAN-P.T. menekankan bahwa harus ada perubahan pola pikir yang dulunya hanya mengisi borang di checklist, sekarang harus membuat evaluasi. Salah satu kendala instrumen yang baru adalah keterlibatan mahasiswa/mahasiswi di panel reviewer. Dengan adanya instrumen IAPS 4.0 diharapkan terwujudnya budaya mutu Universitas Jenderal Soedirman dan para Asesor bisa berkontribusi juga untuk Universitas Jenderal Soedirman.

 

 

Kilas LP3M

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Jenderal Soedirman.

Selengkapnya →

Kontak Kami

Office :
Jl. Kampus No. 1
Grendeng
Purwokerto Utara
53122

0281-623824

lp3m@unsoed.ac.id, lp3m.unsoed@gmail.com

Berlangganan Berita LP3M: