Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS 4.0)

×

Error message

Deprecated function: The each() function is deprecated. This message will be suppressed on further calls in _menu_load_objects() (line 579 of /var/www/clients/client11/web14/web/includes/menu.inc).

Akreditasi adalah kegiatan penilaian program studi dan perguruan tinggi. Pada hari ini Kamis, 19 Desember 2019 telah dilaksanakan Sosialisasi Internalisasi Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 di Ruang Rapat Rektorat Lantai 1. Hadir dalam acara tersebut antara lain : Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jenderal Soedirman Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc.Agr; Ketua LP3M Unsoed Ir. Suprayogi, M.Sc., Ph.D; Sekretaris LP3M Ir. Juni Sumarmono, M.Sc., Ph.D; Koordinator Pusat Penjaminan Mutu LP3M Unsoed Gratiana E.W., M.Rep.Sc., Ph.D.; dan Para Narasumber Dr. Bambang Tri Harsanto M.Si. dan Dr. Tyas Retno Wulan S.Sos., M.Si dan Para Koorprodi di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman.

Didahului dengan Laporan dari Ketua LP3M, Ir. Suprayogi menyampaikan point khusus yaitu tentang birokrasi akreditasi Universitas harus bersinergi dengan baik. Ukuran standart mutu Perguruan Tinggi standartnya yaitu dari BAN-P.T. Oleh karena itu aspek penilaian dari BAN-P.T. harus dicermati dengan seksama. Pada kesempatan kali ini Pusat Penjaminan Mutu,sebagai koordinator yaitu Gratiana, M.Rep.Sc., Ph.D. mengadakan sosialisasi instrumen akreditas program studi (IAPS 4.0) karena instrumen yang dipergunakan harus diperbaiki dan disesuaikan dengan regulasi terkini terkait Akreditasi.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Sodiq dalam sambutannya juga menyampaikan dalam waktu dekat Universitas Jenderal Soedirman harus membuat kebijakan dan instrumen yang bisa dipakai oleh prgram studi. Para Narasumber menyampaikan materi inti mengenai rincian dan tujuan instrumen terbaru IAPS 4.0, Dr. Bambang Tri Harsanto M.Si. dan Dr. Tyas Retno, M.Si menitikberatkan bahwa terkait dokumen instrumen yang dibutuhkan dalam akreditasi prodi (IAPS 4.0) antara lain penyusunan dokumen Laporan Evaluasi Diri (LED) dan Laporan Kinerja Program Studi (LKPS).

Adapun perubahan signifikan pada IAPS 4.0 meliputi:

1. Unit pengusul akreditasi adalah Unit Pengelola Program Studi dan bukan lagi Program Studi seperti pada instrumen yang berlaku pada masa sebelumnya.

2. IAPS 4.0 menggunakan 9 Kriteria sebagai berikut:

1. Visi, Misi, Tujuan dan Strategi

2. Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama

3. Mahasiswa

4. Sumber Daya Manusia

5. Keuangan, Sarana dan Prasarana

6. Pendidikan

7. Penelitian

8. Pengabdian kepada Masyarakat

9. Luaran dan Capaian Tridharma.

Instrumen akreditasi ini dikembangkan oleh BAN PT bertujuan untuk mendukung pengembangan sektor pendidikan tinggi di Indonesia yang mengikuti perkembangan global.

 

Kilas LP3M

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Jenderal Soedirman.

Selengkapnya →

Kontak Kami

Office :
Jl. Kampus No. 1
Grendeng
Purwokerto Utara
53122

0281-623824

lp3m@unsoed.ac.id, lp3m.unsoed@gmail.com

Berlangganan Berita LP3M: