PELATIHAN DAN PENYEGARAN AUDITOR AIMA (AUDIT INTERNAL MUTU AKADEMIK) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN BUDAYA MUTU DI UNIVERSITAS JENDRAL SOEDIRMAN

Sistem Penjaminan mutu pendidikan tinggi (SPM-DIKTI)  adalah roh  yang menjaga  agar seluruh proses pendidikan di perguruan tinggi dapat terjaga kualitasnya dengan baik.  SPM Dikti yang terdiri dari Sistem penjaminan mutu internal (SPMI)  dan  Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) adalah satu kesatuan yang akan menciptakan budaya Mutu (pola pikir, pola sikap dan pola perilaku) di Perguruan tinggi. Jika SPMI sudah berjalan baik, SPME tinggal mengikuti saja.

Salah satu upaya yang dilakukan Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan mutu (LP3M) untuk meningkatkan budaya mutu di Universitas Jendral Soedirman adalah peningkatan kapasitas para auditor yang akan  mengawal proses SPMI sebagai salah satu pelaku dalam siklus PPEPP (Penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, peningkatan) standar dikti.Untuk itulah pada tangga 12, 13, 14 dan 16 Oktober 2020 dlaksanakan kegiatan pelatihan bagi calon auditor AIMA sekaligus penyegaran bagi auditor baru. Kegiatan  yang dilaksanakan secara daring ini dikuti oleh  95 peserta yang terdiri dari 50 auditor  lama dan 45 auditor baru yang proses seleksinya sudah dilakukan sejak 2 bulan yang lalu. Pelatihan  dilaksanakan selama 4 hari dengan total waktu  32 jam . Pada hari pertama  materi yang disampaikan antara lain:   Kebijakan Penjaminan Mutu Di Unsoed yang disampaikan secara langsung oleh Rektor Unsoed Prof Dr. Ir Soewarto, MS; Sistem Penjaminan Mutu Internal  yang disampaikan oleh ketua LP3M Ir. Suprayogi, MSc. Ph. D;  AIMA dan Perencanaan AIMA  oleh sekretaris LP3M Ir  Juni Sumarmono, Ph.D. Pada hari kedua,  materi  telah masuk pada inti  Pelaksanaan AIMA, yaitu terkait  Audit Dokumen  yang disampaikan Ketua Pusat Penjaminan Mutu LP3M Dra. Gratiana E Wijayanti, M.Rep.sc, Ph. D, dilanjutkan Pelaksanaan  Audit Lapang yang disampaikan Dr. Hendro Pramono,  M.S dan  Penyusunan Laporan Audit  oleh Dr. Eming Sudiana, M Si. Pada hari kedua, para calon auditor sudah terbagi dalam kelompok dan mulai berdiskusi menyusun daftar tilik yang akan dipergunakan untuk praktik audit lapangan. Pada hari ketiga, setelah mendapatkan materi tentang  Kode Etik Auditor yang disampaikan oleh  Prof Wiwiek R Adawiah, M.Sc, Ph.D, para peserta melakukan praktik audit lapangan  yang dilaksanakan pada  6  program studi, yaitu prodi S1 Hubungan Internasional, S1 Teknik Pertanian, S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, S2 Penyuluhan Pertanian, D3 Biologi dan D3 Peternakan. Pada sesi ini para auditor terbagi dalam 6 kelompok dan dibimbing oleh para fasilitator yaitu:  Dr. Dian Bagawati, MS, Dra. Yulia Sistina M. Sc. Stud, Ph.D, dr. Khusnul Muflikhah, M.Sc, Dra.Diana R.U.S. Rahayu, MP, Dr. Eming Sudiana, M.Si, Dra. Gratiana Wijayanti, M.Rep. Sc, Ph.D.  Menurut  Ketua panitia kegiatan pelatihan ini Tyas Retno Wulan, pada saat Praktik lapangan, baik para audtor maupun tim program studi yang diaudit  sangat antusias  dan serius berdiskusi terkait proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dan rencana perbaikan program studi di masa mendatang.

 Pada hari terakhir (16 Oktober 2020) sebelum tiap kelompok mempresentasikan hasil audit lapangan), para peserta pelatihan dan para koordinator program studi di Unsoed mendapat materi khusus   tentang cara menyusun dan menilai Laporan Evaluasi Diri (LED)  yang disampaikan secara  langsung oleh anggota dewan eksekutif  BAN-PT  Bapak Sugiyono, S.Si., PhD. Satu catatan penting yang disampaikan oleh Pak Sugiyono adalah bahwa kualitas  tidak bisa dicapai  secara kebetulan, namun merupakan hasil dari niat yang serius, usaha tulus, arahan cerdas dan eksekusi terampil dari pimpinan yang mampu memutuskan  pilihan bijak dari banyak aternatif. Pesan dan uraian secara detil dan komprehensif tentang  evaluasi diri menjadi semangat untuk semua civitas academika di Unsoed untuk berbenah meningkatkan  budaya mutu di UNSOED. Serangkaian kegiatan pelatihan selama 32 jam ditutup dengan kesimpulan dan rencana tindak lanjut dari ketua LP3M Ir Suprayogi Ph.D yang menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh peserta, nara sumber dan fasilatator untuk komitmen yang luar biasa demi peningkatan kualitas SPMI di Universitas Jendral Soedirman.

Kilas LP3M

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Jenderal Soedirman.

Selengkapnya →

Kontak Kami

Office :
Jl. Kampus No. 1
Grendeng
Purwokerto Utara
53122

0281-623824

lp3m@unsoed.ac.id, lp3m.unsoed@gmail.com

Berlangganan Berita LP3M: