TOT Penyusunan Buku Pedoman Pembelajaran berbasis CBL dan PjBL LP3M Tahun 2020

 

[lp3m.unsoed.ac.id,10/02/2021] Hari ini Rabu, 10 Februari 2021 LP3M Unsoed mengadakan TOT (Training of Tainer) pelaksananaan penyusunan buku pedoman pembelajaran berbasis CBL (Case Base Learning) dan PjBL (Project Base Learning). Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini, bertujuan mengakselerasi pencapaian IKU (Indikator Kinerja Utama) no. 7 bagi Universitas Jenderal Soedirman. Hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor Bidang Akademik, para Wakil Dekan I (Akademik) dari semua Fakultas dan peserta training yang merupakan delegasi dari prodi dan Fakultas. "Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah tersusunnya RPS (Rancangan Pembelaberbasis CBL dan PjBL", kata Dr. Abdul Aziz Nasiuhuddun, S.H., MM., M.H. dalam sambutanya sebagai wakil dari LP3M. Sehingga jika semua peserta bisa menghasilkan RPS dari kegiatan ini, akan ada paling tidak 60 RPS yang siap digunakan untuk pelaksanaan perkuliahan. Kegiatan pada hari ini (10 Februari 2021) dilaksanakan untuk para Wakil Dekan Akademik dan wakil dari prodi, dan akan dilanjutkan untuk semua dosen dari semua program studi yang direnacakan akan dilaksanakan pada hari Senin, 15 Februari 2021. "Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 sd 4 jam ini harus ada Buku Pedoman CBL dan PjBL yang bisa diunduh di Eldiru, LP3M melakukan pendampingan. Pada saat pelatihan AA ada materi seperti ini, sehingga kali ini merupakan penguatan", kembali Dr. Aziz menyampaikan dalam sambutannya. 

Wakil Rektor Bidang Akademik (Prof. Dr. Ir. AKHMAD SODIQ, M.Sc.Agr.) menyampaikan "mengingatkan kepada Bapak/Ibu, apakah kita mengajar sudah menerapkan karakter kompetensi dengan metode CBL, PjBL, karakter Quality harus tetap dikedepankan, MBKM memberi kesempatan kepada mahasiswa selama 3 semester diluar studi untuk menambah kompetensi antara lain magang dan studen exchange". Beliau berharap dengan metode CBL dan PjBL dapat meningkatkan motivasi, hubungan antara dosen dan mahasiswa, sehingga dosen dan mahasiswa akam berperan aktif dalam proses pembelajaran. Penerapan metode CBL dan PjBL akan memberikan hasil belajar yang semakin meningkat sehingga kedepannya Evaluasi 50% dari nilai akhir bisa dilhat dari partisipasi diskusi mahasiswa. Dengan TOT tersebut diharapkan menghasilkan RPS yang berbasis CBL dan PjBL yang dapat menunjang pencapaian IKU Unsoed.

Dalam proses pembelajaran berbasis CBL dan PjBL, proses pembelajaran diharapkan ada bentuk lain dari proses pembelajaran biasanya yang menuju ke bentuk kegiatan magang dan studen exchange, sehingga ada link and match antara pembelajaran dan industri. Kegiatan TOT penyusunan pedoman pembelajaran berbasis CBL dan PjBL ini dimaksudkan adanya penyamaan persepsi diantara para tenaga pendidik di Universitas Jenderal Soedirman.

Maju Terus Pantang Mundur, Tidak Kenal Menyerah!- (Prodasi LP3M Unsoed)

Kilas LP3M

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Jenderal Soedirman.

Selengkapnya →

Kontak Kami

Office :
Jl. Kampus No. 1
Grendeng
Purwokerto Utara
53122

0281-623824

lp3m@unsoed.ac.id, lp3m.unsoed@gmail.com

Berlangganan Berita LP3M: