FGD Need Assesment Pengintegrasian Karakter Dalam Pembelajaran

Perguruan tinggi adalah satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi yang berkewajiban untuk ikut andil dalam pembentukan karakter bangsa. Tenaga pendidik perguruan tinggi adalah pendidik professional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (Tri Dharma Perguruan Tinggi). Tenaga pendidik perguruan tinggi secara professional memiliki fungsi sebagai pengajar, pendidik dan pelatih sehingga dapat mengembangkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik peserta didik. Hal tersebut menjadi pintu masuk bagi pendidikan karakter untuk dapat diterapkan ditingkat perguruan tinggi di Indonesia.

Karakter adalah cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerjasama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Pada hari ini, 24 Februari 2021 dilaksanakan Focus Group Discussion Pengintegrasian Karakter Dalam Pembelajaran secara daring oleh Sekretaris LP3M, Koordinator Pusat dan Anggota Pusat Pengembangan Karakter LP3M Unsoed, dan Para Narasumber.

  1. Pembicara/Narasumber antara lain:
    1. Drs. Rubijanto Misman
    2. Dr. Yudha Heryawan, M.Si alumni FISIP Unsoed
    3. Ir.Roni Fadilah, S.E alumni Fakultas Peternakan Unsoed
    4. Anisa Tami, S.T. alumni Fakultas Teknik Unsoed

 

  1. Peserta acara antara lain:
    1. Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Unsoed
    2. Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unsoed
    3. Para Wakil Dekan 1 bidang akademik di lingkungan Unsoed sebanyak 12 orang
    4. Para Wakil Dekan 3 bidang kemahasiswaan dan alumni di lingkungan Unsoed sebanyak 12 orang.
    5. Tim Psikolog Unsoed sebanyak 4 orang.

Ir.Juni Sumarmono, Ph.D. selaku Sekretaris LP3M memberikan pengarahan dan membuka acara mewakili Ketua LP3M.

Dalam arahannya Ir.Juni Sumarmono, Ph.D. menyampaikan bahwa para Dosen harus bisa merancangkan pembelajaran, dan mengantarkan mahasiswa untuk survive untuk diri sendiri, masyarakat dan negara.

Penyampaian materi pertama oleh Drs. Rubijanto Misman,beliau pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Jenderal Soedirman, beliau menyampaikan bahwa Universitas harus bisa sebagai House of Learning Universitas harus menginspirasi dan memberikan temuan pengembangan, selain itu para mahasiwa tidak hanya pandai berpendapat tetapi harus bisa menghasilkan juga.

Dunia pendidikan memiliki tanggung jawab yang besar terhadap perkembangan generasi muda serta munculnya perilaku destruktif, anarkis, dan radikalis. Atas dasar itu, semua pemangku kepentingan pendidikan harus memberikan perhatian serta pendampingan lebih besar kepada peserta didik dalam membentuk pola pikir dan perilaku yang dibenarkan oleh peraturan dan perundangan. Tenaga pendidik memiliki peranan yang cukup besar dalam membentuk karakter anak didiknya. Pendidikan karakter mendesak diterapkan hingga ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi untuk memantapkan mental generasi penerus bangsa agar memiliki karakter yang baik serta jiwa patriotisme dan nasionalisme yang tinggi. Untuk itulah maka diperlukan pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran yang ada di perguruan tinggi.

Kilas LP3M

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Jenderal Soedirman.

Selengkapnya →

Kontak Kami

Office :
Jl. Kampus No. 1
Grendeng
Purwokerto Utara
53122

0281-623824

lp3m@unsoed.ac.id, lp3m.unsoed@gmail.com

Berlangganan Berita LP3M: